Parungpanjang, 14 Maret 2025 – Himpunan Mahasiswa Nida Ekonomi Syariah (HiMaNiEs) sukses menggelar webinar sesi kedua bertajuk “Ekonomi Berbasis Masjid, Titik Awal Kebangkitan Peradaban Islam. Bisa?” sebagai bagian dari rangkaian acara Gen Z Ngaji Ekonomi Syariah. Webinar ini diikuti lebih dari 60 peserta dari berbagai kalangan, bertujuan mengajak generasi muda untuk memahami potensi besar masjid dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan peradaban Islam.
Acara yang berlangsung secara daring melalui Zoom Meeting pada Jumat, 14 Maret 2025 ini menghadirkan narasumber utama, Ustadz Kiki Supardi, S.Kom.I, M.Pd., selaku Pimpinan Masjid Ismuhu Yahya, Pontianak. Beliau memaparkan bagaimana sejarah peradaban Islam menunjukkan bahwa masjid selalu menjadi pusat peradaban, bukan sekadar tempat ibadah, namun juga pusat ekonomi, pendidikan, dan sosial masyarakat.
Dalam materinya, Ustadz Kiki menekankan bahwa kebangkitan peradaban Islam dapat dimulai dari pengelolaan masjid yang produktif dan mandiri. Ia menyampaikan bahwa Rasulullah SAW sendiri membangun Masjid Quba dan Masjid Nabawi sebagai fondasi utama setelah hijrah ke Madinah, yang menjadi cikal bakal pembangunan ekonomi dan peradaban saat itu. “Bangun masjid berarti membangun peradaban,” ujar Ustadz Kiki.
Lebih lanjut, beliau juga menyoroti pentingnya skill entrepreneurship bagi pengelola masjid agar masjid tidak hanya menjadi tempat ibadah, namun juga pusat pemberdayaan ekonomi umat. Konsep pengelolaan masjid yang produktif bisa berupa pendirian tempat produksi, bazar, koperasi, hingga pengembangan skill masyarakat sekitar.
Webinar ini dipandu oleh Isyfa Luthfiatu Sa’diah (Mahasiswa ES ‘2024) sebagai MC dan Wasfa Kamilah (Mahasiswa ES ‘2023) sebagai moderator. Selain mendapatkan wawasan berharga, peserta juga berkesempatan memperoleh e-sertifikat dan doorprize menarik.
Dengan antusiasme peserta yang tinggi, HiMaNiEs berharap kegiatan ini menjadi langkah awal bagi generasi muda untuk berkontribusi aktif dalam mengembangkan ekonomi syariah yang berlandaskan nilai-nilai masjid.