Workshop “Sosialisasi Bantuan Litapdimas Tahun 2020 bagi PTKIS Kopertais Wilayah II, Jawa Barat dan Banten”

Pada hari Senin, 08 Juli 2019, Dr. Kerwanto, M.Ud mewakili Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) STAI Nida El-Adabi megikuti workshop “Sosialisasi Bantuan Litapdimas tahun 2020 bagi PTKIS Kopertais Wilayah II, Jawa Barat dan Banten” di Aula Perpustakaan UIN SGD Bandung lantai IV. Kegiatan yang bertemakan “Pengendalian Mutu dan Kualitas Litapdimas PTKIS Jabar dan Banten menuju Akreditasi APT 3.0 ” ini diselenggarkan oleh Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) wilayah II Jawa Barat dan Banten.

Inti kegiatan ini adalah sosialisasi Bantuan Litapdimas tahun 2020 bagi PTKIS Kopertais Wilayah II, Jawa Barat dan Banten. Harapannya, bantuan yang akan dieksekusi pada tahun 2020 tersebut akan bisa merata pada seluruh Perguruan Tinggi islam, baik PTKIN maupun PTKIS.  Untuk tujuan tersebut, diundang para pimpinan PTKIS, dengan harapan dapat mendorong para dosen untuk semakin produktif dalam litapdimas di lingkungan perguruan tingginya masing-masing. Belajar pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kopertais masih kekurangan proposal yang proporsional (yang tepat sasaran).

Sesuai dengan tema kegiatan ini, “Pengendalian Mutu dan Kualitas Litapdimas PTKIS Jawa Barat dan Banten menuju Akreditasi APT 3.0”, maka diharapkan PTKIS Kopertais wilayah II (Jawa Barat dan Banten) mampu meningkatkan mutu dan kualitas penelitian, penerbitan dan pengabdian masyarakat (litapdimas). Peningkatan mutu dan kualitas Litapdimas merupakan indikator meningkatnya mutu dan kualitas perguruan tinggi. Mutu dan kualitas Pergurunan Tinggi sangat dipengaruhi oleh kualitas penelitian (research) para dosen.

Informasi-informasi penting lainnya dari workshop ini dapat diringkas menjadi beberapa poin berikut: (1). Kopertais hanya menerima pengajuan proposal anggaran litapdimas dalam bentuk paperless (tidak dalam bentuk kertas), dan dapat di-submit secara langsung ke dalam website litapdimas (www.litapdimas.ng/ www.litapdimas.app). (2). Untuk mendukung dosen, kopertais juga telah menyediakan fasilitas bank artikel maupun hasil riset yang sudah dipublikasikan, yang dapat diakses di moraref (www.moraref.kemenag.go.id atau www.morabase.kemenag.go.id). Terdapat 148 jurnal yang sudah menjadi member, yang siap menjemput artikel para dosen kesulitan mempublikasikan hasil riset (artikel). (3). Regristrasi dan submit proposal dapat dilakukan mulai 25 Juni hingga 16 Agustus 2019. Sedangkan persyaratan utama pengusul adalah dosen yang ber-NiDN/ NIDK/ NUP, memiliki akun pada www.litapdimas.ng dan mengikuti prosedur (aturan yang berlaku). Semangat yang disajikan pemateri (Dr. H. Suwendi, M.Ag) pada acara ini adalah sebagai berikut: “Berani menjadi dosen maka harus berani bercita-cita menjadi guru besar. Jika sudah menetapkan hati untuk bercita-cita sebagai guru besar maka harus berani melakukan penelitian (research)”.

(Dr. Kerwanto, M.Ud)

Leave a Reply