sambutanketuastainida

Sambutan

SAMBUTAN KETUA STAI NIDA EL-ADABI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

ramlanrosyadPuji syukur ke hadirat Allah swt, atas karunianya STAI Nida El-Adabi dapat berdiri dan membantu masyarakat Parungpanjang dan sekitarnya.

STAI Nida El-Adabi satu-satunya Sekolah Tinggi yang ada di Parungpanjang. Berdirinya kampus ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat Parungpanjang dan sekitanya. Banyak masyarakat Parungpanjang yang hendak kuliah, tetapi karena jarak kampus dengan tempat tinggalnya sangat jauh, maka banyak di antara mereka mengurungkan niatnya. Alhasil banyak masyarakat Parungpanjang yang tidak kuliah. Padahal mereka juga anak bangsa yang berhak untuk ikut serta merasakan kemerdekaan, dan duduk di bangku perguruan tinggi. Atas dasar itu STAI Nida El-Adabi berdiri untuk ikut serta membantu masyarakat, khususnya masyarakat Parungpanjang.  

STAI Nida El-Adabi yang letaknya di Desa Kabasiran Kec. Parungpanjang hanya 300 meter dari setasiun kereta Api merupakan jarak yang sangat mudah dijangkau. Selain biaya trasportasi murah, juga biaya kuliah yang sangat terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.

STAI Nida El-Adabi di dalamnya terdiri dari dua prodi; pertama, Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I). Kedua Hukum Ekonomi Syariah (HES) dengan gelar Sarjana Syariah (S.Sy). Kedua prodi ini sudah banyak ikut serta mewarnai masyarakat pada bidangnya masing-masing.

Sungguhpun STAI Nida El-Adabi membentuk mahasiswa menjadi Sarjana Pendidikan Islam dengan Prodi PAInya. Namun dalam realitanya dapat mengajarkan peserta didik pada berbagai disiplin Ilmu. Demikian juga dengan Prodi Syariahnya, sungguhpun mahasiswa dibentuk untuk menjadi Sarjana yang ahli dibidang Hukum Syariah, tetapi dalam perakteknya dapat mengerjakan syariah secara praktis. Hal ini terbukti banyak alumni Nida yang lahir dari Prodi Syariah menjadi pegawai Bank.

Terlepas dari tersebut di atas, yang jelas, berdirinya STAI Nida El-Adabi selain dapat mencerdaskan kehidupan berbangsa, bernegara, dan berjiwa Islam khususnya masyarakat Parungpanjang, juga turut membantu masyarakat parungpanjang ikut serta merasakan pendidikan tinggi dengan jarak dan biaya terjangkau. 

Leave a Reply