Penutupan Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa STAI Nida El Adabi di Pengadilan Agama Kelas I A Tigaraksa

Dalam rangka untuk mengembangkan dan melatih mahasiswa/i STAI Nida El-adabi untuk dapat terampil dalam melaksanakan kegiatannya, maka perlu adanya kegiatan pembelajaran Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang merupakan program Tridharma Perguruan Tinggi.

PPL memiliki tujuan utama untuk membina profesionalitas mahasiswa sesuai bidang keilmuannya. Praktik ini pun merupakan bentuk pelatihan akademik sebagai upaya penerapan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam perkuliahan. PPL juga merupakan syarat kelulusan bagi tiap mahasiswa sebagai program peningkatan kompetensi lulusan

Sesuai dengan program studi yang mahasiswa ambil yaitu Hukum Ekonomi Syariah, maka tempat praktik yang menjadi tempat pembelajaran mereka yaitu Pengadilan Agama Kelas I A yang berlokasi di Komplek Perkantoran Pemda Jalan Atiek Soeardi Tigaraksa  Kabupaten Tangerang – Banten.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari tanggal 14 Maret 2019 sampai dengan 14 April 2019, peserta PPL melakukan banyak kegiatan diantaranya membantu mendata perkara peradilan, mengikuti jalannya persidangan baik sidang cerai talak maupun cerai gugat ataupun sidang tentang pembagian harta waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, sedekah sampai dengan ekonomi syariah, dan lainnya.

Penutupan kegiatan yang dilakukan pada hari Rabu, 24 April 2019, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Tigaraksa Bapak Drs. H. Mamat Ruhimat, S.H, M.H, Bapak Baidawi SE.,M.M selaku sekretaris pengadilan agama, Ibu Naili Ivada, S.Ag selaku Panitera Muda Pengganti sekaligus dosen pamong peserta PPL bersama Ibu Pusparini, S.H. , M.H selaku KASUBAG Umum dan Keuangan. Dalam sambutan bapak ketua menyampaikan rasa senangnya atas kehadiran peserta PPL di kantor pengadilan agama, selain mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran yang baru, hadir nya peserta ppl pun sangat membantu dalam banyak hal. Pelaksanaan PPL kali ini diharapkan juga dapat mempererat kerjasama antara STAI Nida El Adabi dan Pengadilan Agama Tigaraksa dalam membina dan mewujudkan lulusan yang berkualitas, khususnya dalam bidang Hukum Ekonomi Syariah

Penulis: aswl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *