Muhadhoroh Sebagai Perayaan Isra Mi’raj

Sabtu, 09 Maret 2019 Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nida El-Adabi melaksanakan kegiatan Muhadhoroh. Muhadhoroh adalah kegiatan rutin bulanan yang mana petugas atau penanggungjawabnya adalah mahasiswa persemester yang mendapatkan giliran dengan tema kegiatan yang berbeda-beda. Petugas yang mendapatkan tanggung jawab untuk memeriahkan muhadhoroh kali ini adalah mahasiswa semester 2 prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Susunan panitia yang dipilih melalui musyawarah bersama membuat kegiatan ini menjadi lebih menarik lagi, selain harus memikirkan konsep yang sesuai dengan tema, mereka pun dituntun untuk melakukan kerjasama agar tercipta nya chemistry yang baik. Ade Nispiudin yang mendapatkan kepercayaan untuk mengkoordinir rekan-rekannya, lalu ditunjuklah saudara Muhammad Yakub dan saudari Rita Mandarita untuk menjadi pembawa acara.

Acara pertama yaitu pembukaan, lalu dilanjutkan dengan pembacaan kalam ilahi yang dibacakan oleh saudari Samrotul Puadah. Acara ke 3 yaitu  sambutan dari ketua pelaksana oleh saudara Ade Nispiudin,  yang menyampaikan terimakasih nya kepada rekan-rekan semester 2 yang mau dan mampu memeriahkan muhadhoroh kali ini, dan terus membangkitkan semangat kepada seluruh mahasiswa untuk terus berkarya.

Muhadhoroh ini dilaksanakan dengan tema tentang Isra Mi’raj. Oleh karena itu penampilan mereka sebagaian besar membahas tentang perjalanan  Nabi SAW. Seperti pidato yang disampaikan oleh saudara Asep Kusnadi, yang memaparkan tentang bagaimana perjalanan Nabi SAW yang dilakukan dalam semalam dari Masjidil Haram (Makkah) menuju Masjidil Aqsa (Yerussalem) dan mendapatkan perintah untuk menunaikan sholat lima waktu. Lalu dilanjutkan oleh saudara Jiki Maulana yang menyampaikan pidatonya menggunakan Bahasa Arab tentang “إحترم الولدين و المعلم ” ( Menghormati Orang Tua dan Guru). Hal ini disampaikan untuk memotivasi rekan-rekan mahasiswa untuk terus menghormati siapa pun, yang mana mereka memiliki ilmu yang lebih dari kita, dan meningkatkan rasa keingintauan tentang Bahasa Arab.

Di Sekolah Tinggi Agama Islam Nida El-Adabi, seluruh mahasiswa dituntun dan diajarkan tentang dasar-dasar Bahasa Arab sebagai modal pembelajaran selanjutnya yang terus digunakan dalam setiap materi perkuliahan. Background agama yang ditanamkan kepada seluruh mahasiswa membuat mahasiswa semakin paham dengan dirinya, keluarganya serta masyarakat sekitarnya yang berpedoman kepada Al-Qur’an dan Hadist.

(Penulis :aswl)

Leave a Reply