Masa Ta’aruf Mahasiswa STAI Nida El-Adabi Satukan Ukhuwah Ciptakan Karakter Islami

Ta’aruf bukan sekedar tentang nama dan alamat seseorang, tapi ta’aruf kali ini lebih mendalami tentang bagaimana karakter seseorang dan bagaimana ia memimpin dirinya. Masa Ta’aruf Mahasiswa atau yang biasa disebut dengan MASTAMA tahun ini dilaksanakan di Kampus STAI Nida El-Adabi pada hari Sabtu – Minggu, 08 – 09 September 2018, yang mana seluruh peserta nya adalah para mahasiswa baru yang belum mengenal dunia perkuliahan.Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari 1 malam ini berisikan tentang seluk beluk kampus dan permainan yang berisikan edukasi tentang kepemimpinan.

Kenapa harus tentang kepemimpinan ? Karena atmosfer yang akan dirasakan mereka sangatlah berbeda dengan masa Sekolah Menengah Atas (SMA), dimana mereka dituntun untuk memahami banyak hal tanpa harus di dikte oleh para gurunya dan dilatih untuk dapat mendeskripsikan banyak hal yang akan mereka keluarkan sebagai pendapat sebagai perwakilan diri sendiri.

Kegiatan yang diresmikan langsung oleh Ketua STAI Nida El-Adabi Bapak Drs. H. Ramlan Rosyad, M.Si ini dilakukan pukul 16.00 (08/09/2018) dengan ucapan “BISMILLAHIROHMANIRRAHIM” dan pelepasan balon udara yang berisikan tulisan MASTAMA 2018 sebagai sismbolis bahwa acara ini remi dibuka dan dilaksankan.

Materi pertama tentang “System Pendidikan Perguruan Tinggi” yang disampaikan langsung oleh Bapak Drs. H. Ramlan Rosyad, M. Si. Lalu dilanjutkan oleh Bapak Taufik Hidayat, M.Pd.I dengan materi “Bela Negara dan Pendidikan Karakter” terkait tentang tindakan anti narkoba dan anti plagiatirisme yang sering dilakukan oleh beberapa mahasiswa diluaran sana. Materi selanjutnya tentang “Menumbuhkan kesadaran mahasiswa akan tanggungjawab dan social” tema ini diambil untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang bagaimana menerapkan pengabdian kepada masyarakat  yang tertera dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sebagai contoh kecil terkait tema tersebut, kami mengadakan kindness champaign kepada masyarakat sekitar kampus untuk memberikan sebuah cendramata yang sebelumnya telah disiapkan oleh para peserta. Kekompakan serta kerja sama yang terus dibangun para peserta membuat kegiatan ini terasa semakin menyenangkan, dengan disusulnya permainan edukasi lainnya membuat para peserta semakin akrab dengan teman-teman mereka.

Sebagai penutup kegiatan, para panitia pelaksana menyiapkan waktu khusus untuk mengadakan renungan sebagai pengingat dan membangkitkan semangat untuk terus belajar dan tidak menyia-nyiakan waktu yang ada. Setelah itu para peserta dibawa ke tengah lapangan luas sekitar pukul 03.50 pagi untuk special gift time yang panitia berikan kepada peserta, penerbangan lampion pada pagi hari akan menjadi penutup kegiatan ini, dan akan menjadi kenangan yang baik para peserta.

Pukul 09.00 acara resmi ditutup dengan diadakannya upacara penutupan, dan pembacaan peserta terbaik MASTAMA 2018, diantaranya :

  1. Agus Efendi Sebagai Peserta Putra Terbaik
  2. Ocah Sebagai Peserta Putri Terbaik
  3. Hanna Shetta Dewantara Sebagai panitia Terbaik Putra
  4. Annisa Syawalliya Sebagai Panitia Terbaik Putri

Sebagai penutup kami semua meneriaki slogan MASTAMA yaitu “SPIRIT, SPORTIVE AND KREATIVE” dan resmilah kegiatan ini ditutup dan selesai.

(Penulis:aswl)