KARYA ILMIAH

BAB I

PENDAHULAN

A. PENGERTIAN KARYA TULIS ILMIAH

Satu hal penting yang mesti dimiliki 0Ieh Iuiusan perguruan tinggi adalah mampu berpikir dan menghasilkan suatu karya iimiah. Karya tulis ilmiah ialah karya atau tulisan yang dihasilkan melalui prosedur dan metode ilmiah. Suatu kaiya/tulisan bernilai ilmiah apabila mengikuti prosedur dan teknik penuiisan yang mengacu pada tradisi akademik. Sedangkan metode ilmiah merupakan langkahlangkah, strategi dan tata cara penuiisan berdasarkan pendekatampendekatan iimiah.

B. JENIS-JENIS KARYA TULIS ILMIAH

Karya tulis ilmiah yang biasa berlaku di lingkungan akademis biasanya berupa makalah atau short paper, book revert, resensi, skripsi, tesis dan disertasi. Tiga jenis karya iimiah yang pertama biasanya ditugaskan pada mahasiswa sebagai saiah satu bagian dari perkuiiahan, sedangkan skripsi, tesis, dan disertasi diwajibkan kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan suatu program pendidikan tinggi untuk memperoieh geiar kesarjanaan.

l. Term Paper atau Makalah

Term paper, juga bisa disebut dengan beberapa istilah lain seperti giant paper, paper atau makalah adalah karya ilmiah yang biasanya dipersiapkan untuk disajikan di pertemuan ilmiah (diskusi, seminar atau simposm), atau untuk diterbitkan dalam jurnai ilmiah. Makalah biasanya dibuat berdasarkan hasil refieksi dari hasil penelitian yang pcrnah dilakukan atau pun hasil bacaan dari beberapa buah-buku tenntang suatu topik tertentu. Dalam kasus mahasiswa, pembuatan suatu makalah sering dipakai sebagai bagian dari tugas perkuliahan atau pcrsyaratan untuk mengikuti ujian akhir semester. Makaiah merupakan sebuah hasil pemikiran mengenai suatu topik tertentu yang memerlukan pengkajian Iebih mendalam. Dalam penulisan makalah tidak ada ketentuan yang pasti mengenai ketebalan makalah. Halaman bergantung pada kebutuhan, tetapi biasanya antara 8 sampai I5 halaman termasuk tabei, gambar, chart, daftar pustaka dan Iampiran (jika ada). Sedangkan buku yang dijadikan rujukan daiam pembuatan makaiah paling tidak sebanyak 5 buah judul buku. Hal yang paling penting adalah ditulis secara argumentatif.

2. Laporan Buku

Laporan buku yang daiam bahasa Inggris disebut dengan book report adalah salah satu bentuk karya ilmiah yang dibuat dalam bentuk Iaporan yang bersifat rangkuman atau ikhtisar dari satu buku atau Iebih, yang memiiiki topik yang sama. Ia bisa mengungkapkan apa saja yang berkaitan dengan buku tersebut secara obyektif mulai dari judul, pengarang, jenis ukuran, penerbitan, huruf dan cetakan hingga masaiah inti yang dibahas dalam buku tersebut atau untuk memenuhi tugas yang diberikan oieh dosen daiam suatu perkuliahan. Sama dengan makaiah, ketebaian book report tidak ditentukan secara pasti, tetapi biasanya panjang tulisannya antara 5-10 halaman.

3. Timbangan Baku

Timbangan Buku atau yang dalam bahasa Inggris pada umunya disebut book review biasa juga disebut resensi buku atau timbangan buku. Pada dasarnya book review merupakan bentuk karya ilmiah yang menyatakan suatu pendapat atau komentar tentang sebuah karya atau Iebih, artikel atau buku, yang memiliki kesamaan tema. Kemungkinan pembaca book review tersebut belum membaea buku yang dibahasnya, maka informasi tentang isi buku tersebut boleh disinggung. Namun harus seialu diingat bahwa tujuan utama dari book review adalah menyajikan pandangan dan buah pikiran penuiis yang meresensi buku, bukan pengarang buku. Mengenai ketebalan, book review bisa berkisar antara 4 -6 halaman.

4. Skripsi

Skripsi adalah jenis karya tulis iimiah yang dituiis untuk memenuhi petsyaratan daiam rangka menyeiesaikan program pendidikan strata satu (SI). Pendapat penulis yang tertuang di dalam skripsi itu harus didukung oleh data obyektif, baik berdasarkan peneiitian Iapangan maupun kepustakaan. Jumlah halaman skripsi yang mempergunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar berkisar antara 60 (minimal) sampai dengan 75 halaman (maksimal). Sedangkan yang menggunakan Pedoman Penulisan bahasa asing (Inggris atau Arab), jumlah halaman bcrkisar antara 0 sampai dcngan 60. Masa1ah yang dibahas dalam skripsi dapat diangkat dari pcngalaman cmpirik ataupun tcoritik, namun sifatnya tidak bcgitu analitis dan mcndalam, tctapi cukup bcrsirat dcskriptif dan intcrprctatif. Skripsi bisa ditulis dcngan mcnggunakan data kualitatif atau data kuantitatif. Jum1ah rcfcrcnsi yang digunakan dalam pcnulisan skripsi minima} scbanyak 15 buah judul buku.

5. Tcsis

Tcsis adalah karya ilmiah yang disusun dalam rangka pcnyclcsaian sutudi pada pada program strata dua (S2). Uraian masalah yang disajikan dalam tcsis hcndaknya bcrsirat ana1itis kritis tcrhadap suatn fcnomcna sosial atau suatu tcori tcrtcntu. Dcngan kata Iain, tulisan ini mcrupakan upaya pcndalaman dan pcngcmbangan i1mu pcngctahuan yang bcrkaitan dcngan bidang kcilmuan mahasisvva yang bcrsangkutan. Jumlah halaman tcsis yang mcmpcrgunakan bahasa Indonesia antara 100 sampai dcngan 150 halaman. Scdangkan tcsis yang mcmpcrgunakan bahasa asing (Arab dan Inggris) antara 70 samapai 100 halaman. Jum1ah refrcnsi yang digunakan dalam pcnulisan tcsis minima} scbanyak 30 buah judul buku.

6. Disertasi

Disertasi adalah karya tulis yang disusun dalam rangka mcIcsaikan studi pada program strata tiga (S3). Ia mcrupakan tulisan bcrusaha mclakukan pcmbahasan tcrhadap suatu pcrsoalan sccara sons da1am suatu bidang kcilmuan yang akan dikcmbangkan mcnjadi masa1ah yang dibahas da1am discrtasi bisa diangkat dari cmpirik atau pcmikiran tcoritik. Pcmbahasan atau suatu masalah siratnya lcbih ana1isis—kritis dan mcndalam, bisa diharapkan mampu mcmbcrikan sumbangan tcoritik dalam keilmuan yang ditckuninya. Jum1ah halaman discrtasi antara 200 500 ha1aman. ]um1ah rcfcrcnsi yang digunakan da1am pcnulisan mnimal scbanyak 60 buah judul buku.

Leave a Reply